Komik PMB FISIP UNAND-Padang 2012

 

Sebuah konsep yang diberikan ukhtiy Dila untuk buletin penyambutan MABA di FISIP UNAND Padang…

 

yea…tak seindah yang seharusnya….hehe… besok lebih baik Insya Allah…

 

 

Afwan ya buat ukhtiy Dila di Padang..hehe..baru itu yang bisa ane buatkan..belum baik….n_n

Semoga bermanfaat buat syiar di Padang…

 

 

 

 

Iklan
By ZahratulMillah

Komik edisi Ramadhan 2010

 

 

sebuah komik edisi ramadhan di UQ-News pas zaman aku masih kecil di kampus…

 

hohoho…..tak terasa ini karya pertama yang mengisi sebuah buletin kenang-kenangan pertama dan terakhir kalinya masuk menjadi staff media di UKKI UNNES ….

 

Kapan ya bisa megang media lagiii….jadi kangen ngusik-usik media buat dakwah kayak masa-masa baru lahir..hehhe

 

 

 

 

By ZahratulMillah
Gambar

COMBRO (COMic beriBROh)

COMBRO (COMic beriBROh)

d’last 1 nih …
Menjadi salah 1 yang selalu dinanti krn menjadi komik yang terakhir terbit di buletin MU semester genap ini…
semoga ke depan tetap eksis COMBROnya…
COMBRO…COMBRO….COMBRO
GRATIS–GRATISSS….
..n_n…

By ZahratulMillah
Gambar

COMBRO (COMic beriBROh)

COMBRO (COMic beriBROh)

komik edisi berikutnya …
hmhm.. banyak sebenarnya yang harus dikerjakan…
jadi pas masa edisi kali ini, agak cart marut komiknya…
Tapi teteeeeeeeeepppp………….
Menjadi salah 1 yang selalu dinanti…
COMBRO…
..n_n…

By ZahratulMillah
Gambar

COMBRO (COMic beriBROh)

COMBRO (COMic beriBROh)

Nah kalo yang ini komik edisi ke-2 untuk buletin MU (Muslin United) TPAI 1433 H diterbitkan di Kuliah Ahad Pagi (KAP) Inspirasiku buat bahan bacaan adik2 mahasiswa yang dapat mentoring semester ini …..
Menjadi salah 1 yang selalu dinanti…
COMBRO…
..n_n…

By ZahratulMillah

10 menit di tengah gelap ….

 

 

SABUGA-ITB jam 10an,,,pas pembukaan IMSS nih garapnya… ditengah gelapnya gedung SABUGA yang kayak bioskop itu ane menggoreskan pena untuk gambar..dengan cahaya seadanya…untuk memenuhi permintaan temen2 BEM di semarang yang butuh dibuatkan media untuk ngisi buletin…ya lagi-lagi komik yang dibutuhkan ,,,

 

meski hanya dengan modal pensil-penghapus-pena … jadilah komik aneh ini….

 

sulit diakui karena ini karya yang cukup menyedihkan untuk diterbitkan..semoga Allah mengampuni dosa ane yang tidak maksimal membantu …

PASTIKAN ESOK LEBIH TOTALITAS …

 

 

 

 

 

By ZahratulMillah

LDK:APA-APA HARUS MEWAH???MEdia buat dakWAH ????

Dunia seni adalah dunia yang paling dekat dengan manusia…tidak ada sisi kehidupan manusia yang lepas dari yang namanya unsur seni. Mulai dari warna pakaian, rumah, selera model baju, tata ruangan, hmhm….banyak deh pokoknya.

Kesan seni itu sebagai sebuah yang terlihat bertentangan dengan agama, semua kembali kepada niatnya. Dulu sempat ada fatwa HARAM penggunaan FB, kalo penggunaannya bukan untuk bergalau-galau ria melainkan buat dakwah kenapa gak?..sekarang semua aspek harus kita sentuh kalo ingin DF kita lancar, 1 hal yang harus dikuatkan adalah aqidah kita, jangan sampe berdakwah dengan bahasa kaumnya dengan niat mewarnai malah terwarnai karena kurang kuatnya keyakinan terhadap prinsip sebagai seorang muslim, wah itu bahaya namanya. Makanya sebagai seorang da’i perbaiki aqidah dan komitmen dulu sebelum terjun deh, Insya Allah ketika dari awal kita meluruskan niat dan selalu meng-upgrade niat kita, Allah juga akan selalu memberikan lentera di setiap jalan kita, karena sesungguhnya di dunia ini tidak ada kegelapan, hanya saja kekurangan cahaya aza, dan kebersihan hati kitalah yang menentukan seberapa terang cahaya Allah menerangi jalan kita….

Kalo ngomongin soal media dakwah, apapun bisa kita jadikan media buat dakwah …

Kalo moment di IMSS ITB 15-18 Juli 2012 lalu, belajar banyak di ITB tentang bagaimana pembuatan desain yang baik buat dakwah, yang menarik perhatian amah, maka kumulai semuanya dari sini. Pokoknya semua LDK seluruh Indonesia deh, kalo butuh bikin media yang unik, bareng2 bikin meski via dunia maya, kita buktikan kalo melalui dunia maya ini kita bisa me’real’kan apa yang ada di dunia maya. Saling bahu membahu dalam mensukseskan dakwah di setiap daerah, maka kau akan tahu betapa hebatnya kader dakwah Indonesia jika kita menyatukan kekuatan….Wawaw Subhanallah… inilah kekuatan yang diberikan Allah, karena sesungguhnya kita diciptakan berbeda untuk saling mengenal dan tolong-menolong dalam hal kebaikan .. iya kan??

Yuuuukkk berjuang bersamaaa….

Nah ngomong2 soal media lagi nih..buletin adalah media yang paling santer nih di setiap LDK di semua penjuru nusantara,,, tapi semuanya hampir bilang “kurang massive…kurang efektif, gak menarik…” gimana biar bulletin kita menarik? Ini dia tipsnya ;

1. Bikin bulletin yang mencirikan atau menjadi karakteristik anak kerohanian islam, mulai dari tampilannya mungkin yang biasanya dicetak per lembaran, mulai dibuat kecil2 kayak booklet mungkin?? Yang biasanya dicetak print gitu, sekali-kali ditulis tangan … ya sedikit lebih berat kerjanya..tapi kalo hasilnya maksimal kenapa gak…ya gak?buletin edisi booklet  buletin tulis tangan

2. bulletin yang menarik itu yang punya konten menarik juga..jangan lupa judul utama konten bulletin dibuat semenarik mungkin, kalo perlu dibuat yang bikin ‘TANDA TANYA’ misalnya .. “SIAPA BILANG PACARAN ITU DILARANG?” nah isinya kan bisa menyangkut tentang pernikahan syar’I … ya kita narik perhatian dulu supaya orang mau baca bulletin kita …. Yang penting isinya terpercaya dan tidak bertentangan dengan islam

3. Nah untuk konten, jangan lupa nih, konten kalo bisa jangan tulisan semua ya… dikasih gambar2 gitu….salah satu contohnya adalah KOMIK….

Ngmong2 soal komik, siapa sih yang gak suka bacanya…wah awalnya ane jg kagak suka,,pusing kalo baca komik,tapi karena tuntutan dunia kerja-kuliah-hingga dakwah menjadikan ane melihat bahwa komik adalah salah satu jembatan bagus untuk menghidupkan bulletin…nah kalo ada pertanyaan “DI LDK an GAK ADAYANG BISA BIKIN KOMIK” ada 2 solusi nih:

1. kalo ada jurusan seni di univ antum,, maka ajak mereka yang dari jurusan seni untuk membuatkan komik! Mengkaryakan temen2 seni sebagai bentuk pengakuan juga kalo temen2 kerohanian islam gak horror urusan seni

2. kalo gak ada jurusan seninya …. Cari temen2 yang sekiranya bisa gambar, dimintai bantuan aza untuk bantu berkarya disana….

3. kalo gak ada juga..solusinya adalah HUBUNGI ane ya…silakan tuliskan konsepnya komik yang harus dibuat, tar ane buatkan komiknya Insya Allah, konsep bisa dikirim via sms, via email ke ukhtunaees@yahoo.co.id atau ke inbox FB Dwi Pangesti ees Aprilia, atau kirim pesan dan gabung di group FB SAHABAT GAKUSEN UNNES juga bisa…

Hehehe…..bukan promosi Insya Allah kalo biasanya ane pasang tariff, kalo untuk dakwah GRATIIIIISS>..buat semua LDK seluruh Indonesia aza deh pokoknya tak ada tariff…n_n

OK deh ditunggu partisipasi temen2 smuanya..hidupkah dakwah islam di semua aspek kehidupan dalam 1 balutan ukhuwah islamiyah ..

Keep fighting-keep istiqomah …………..

By ZahratulMillah

Saat Allah memberikan kenikmatan ‘SIBUK’

Subhanallah ….

Luar biasa kerasa bgt deh kalo aktivitas lagi banyak…kayaknya waktunya kemana-mana mepet .. Bener-bener sedang diuji dengan komitmen, manajemen waktu,, wah banyak pokoke….Alhamdulillah pesenan lagi banyak, finishing komik, karikatur, ilustrasi buku,,wah luar biasaaaa…. Syukur wal hamdulillah, tapi keterbatasan kurangnya kerennya manajemen waktu, jadinya amburadul dah…hm…..Ya itulah nikmatnya belajar,, belajar untuk memanfaatkan waktu dengan baik, belajar profesional dengan kerjaan yang selalu kejar tayang..wuih jian….selalu butuh pengorbanan di setiap aktivitas, pengorbanan tenaga, pikiran, waktu, harta. Semua tidak akan sia-sia jika semua itu untuk kebaikan, Insya Allah ….

Kadang kalo udah lelah, obatnya gak cukup cuma tidur, itu juga sering kurang terkelola dengan baik,,, tidur gak sehat, padahal, kalo dibandingkan, lembur semalaman suntuk gak akan hilang lelahnya dengan mbales tidur sepuaskan keesoka harinya, ‘balas dendam’…. Itu juga koreksi bgt buat yang sering lembur juga..gak sehat,,,Tapi gimana lagi juga ya..deadline cepet-cepet….bahkan peristiwa ‘belom selesai skripsi, diminta bantu nyelesein tesis’…keren kan??? hehehe..perlu manajemen waktu yang lebih baik..

Ketika dihadapkan dengan berbagai pekerjaan, di sanalah kita belajar menghargai waktu ….

Ketika dihadapkan dengan rasa kecewa sama orang lain, di sanalah kita belajar menghargai orang lain ….

Ketika  dihadapkan dengan berbagai masalah yang pelik, disanalah kita belajar bersikap dewasa ….

Karena sejatinya setiap apa yang terjadi, aktivitas kita itu kagak ada yang merugikan kok. Manusianya aza yang sering berpikir negatif dluan, padahal kalo kita menterapi diri untuk positif thinking….semuanya akan lebih keren…skenario Allah itu selalu YANG PALING SEMPURNA …. tak ada tandingannya….

So kalo lagi sibuk-sibuknya, bahkan terasa gak sempet istirahat, berarti positifnya, Allah itu tidak membiarkan kita menghabiskan waktu untuk hal yang sia-sia, kayak cuma main game, nonton tipi, tidur, makan…hah bosen bgt….itu bahkan lebih dari kata ‘TIDAK BERMANFAAT’ … padahal seorang aktivis itu punya tanggungjawab menjadikan dirinya bermanfaat untuk orang lain di peringkat ke sepuluh… waa….sampe bawa-bawa Muashofat segala, hehehe..jadi inget janji yang tinggal 5 bulan lagi ….

Ayo rintis komitmen dan positif thinking terhadap aktivitas kita kemarin, hari ini,  bahkan esok…

TETEP SEMANGKA….SEMANGat Karena Allah…..hehehe

 

By ZahratulMillah

Menyerah bukanlah sebuah SOLUSI

Hei Bhrow …Pasti kita sering banget ya ngadepin masalah, ‘n pastinya sering terlintas pikiran ‘hm…mundur za deh, gmn caranya cari alasan biar bisa lolos,,,bohong ah, dikiiiitt…atau apalah untuk menghindari kenyataan kalo kita dinyatakan kalah …

Hm…wajarlah..manusiaaaa….mesti ada belok-beloknya…kagak ada yang sesempurna Rasulullah SAW pokoke …

Manusia itu sering melalaikan diri dari kata ‘Jangan Mudah Menyerah’ … Itu kata yang biasa aza, gak ada energi listrik yang menyambar-nyambar dari kata itu …. tapi ketika hati kita udah YAKIN dengan kalimat itu, bukan tidak mungkin kalo Allah akan memberikan jalan….kan segala yang diciptakan Allah itu berpasangan, kalo ada cewek ya ada cowok, kalo ada langit ya ada bumi, kalo ada air ya ada api, kalo ada masalah ya pasti ada solusinya lha…SEPATU tho??? ehem ya ya …

1 hal yang sering membuat kita lupa juga kalo kita sering mengadu sama Allah, ‘Ya Allah saya punya masalah” …

Sekali-kali kita contoh Ali bin Abi Thalib r.a. yang mengatakan ‘Ya masalah, aku punya Allah’ …

Keren kan bunyinya kalo dibalik??? gak ada yang gak takut sama Allah, apalagi masalah yang bentuknya abstrak,.. ya gak???

Kita juga sering mengatakan ‘Ya Allah, aku sendirian, gak ada teman’ padahal kalo kita mau sadar, kita itu kagak pernah sendirian….setiap detik, malaikat ada di sisi kanan-kiri kita mendampingi dan mencatat amalan ibadah kita,,, akankah kita terus ngomong kalo kita itu sendirian?? wah tego tenan kuwih jenenangane….malaikat udah setia nungguin ‘n nemenin kita tiap saat tanpa lengah sedikitpun, kita masih bilang kalo kita sendirian….wah…JAHAD bin TEGO tenaaaaann syuuuung…apalagi Allah yang jauh lebih titen daripada malaikat…?? malaikat aza gak pernah lengah dari setiap gerakan kita, apalagi Allah??? Hm….perlu buka mata apalagi? mata hati? mata bathin?? mata kaki? ….n_n …

Masalah itu bukan sumber kehancuran, tapi jadikan masalah itu adalah sumber men’CHARGER’ kesemangatan …

Karena kalo kita bertarung sama masalah terus kita menang…wawaah efeknya bisa memberikan kesuksesan, tapi kalo kita bilang nyerah??? hm …liat aza apa yang akan terjadi …

Belajar dari ‘TOP SECRET The Billionaire’ … perjuangan seorang anak muda yang dia menyerah sama rasa bosannya main mulu….meski diawali dari kehidupan yang sureeemm…tapi dia gak menyerah dengan masalah, sampe habis modal, keluargapun pergi gara-gara gak bisa hidup bareng, tapi dia bertahan … dia yakin punya Tuhan yang bisa dia jadikan pegangan …

Kenapa tidak dengan kita???? Kita harus bangga menjadi seorang MUSLIM … kita punya banyak hal yang tidak dimiliki agama lain…setiap muslim punya malaikat yang selalu menemani kita di setiap langkah kita, meski mereka gak bicara, rasakan kepakan sayapnya saat kita melakukan hal positif, rasakan ancaman rantai besi panasnya saat kita berniat maksiat…belajar berimajinasi untuk meyakinkan diri kita bahwa kita gak sendiri, ALLAH selalu sesuai dengan prasangka hambaNYA….kalo kita gak belajar untuk merasakan kehadiran ALLAH, kehadiran para malaikat, kapan lagi kita bisa belajar untuk merasakan indahnya menghadapi masalah ???

Hidup itu adalah masa yang paling pendek kedua di antara fase hidupnya manusia ….

Manusia itu hidup dalam 8 fase …

1. Fase sebelum bisa disebut … yang pastinya kita gak tahu kan berapa lama kita di sana?? kita nunggu giliran untuk dihembuskan  ke dalam rahim ibu ….

2. Fase dalam rahim, 9 bulan doang kan, peringkat pertama masa kehidupan paling singkatnya manusia

3. Fase di alam dunia…nah kita berapa lama hidup di dunia??? gak tahu kan, ya kalo dipatok seusia Rasulullah, 63 th, itu pasti gak kerasa kemarin baru lahir eh ternyata udah 50 tahun …sebentar kan?

4. Fase alam kubur, nah …kira-kira lebih lama gak ya dari masa dunia?? pastinyaaaa…sahabat-sahabat Rasulullah SAW yang sudah wafat di masa perang dulu, sekarang jg masih dalam alam kubur,, coba hitung berapa lama kan????

5. Hari kiamat ….teng doweng….apalagi ini..mau 2012?2013?2014? halaaah sok tehe bgt manusia itu, itu hak prerogatif ALLAH, mau kiamatnya kapan, gak usah mikir itu, yang penting bersungguh-sungguh aza kalo kerja, beramal, ibadah, itu deh pokoke…gak tahu kan berapa lama hari kiamat itu akan tiba?

6.Fase hari kebangkitan … nah membangkitkan semua manusia, makhluk Allah, pasti lama ini masanya, gak cukup 2-3 hari doank lha ya..

7. Fase penghisaban ..

8. Fase hari pembalasan ….menuju pintu kekekalan …nah di sinilah kita dihadapkan antara pintu syurga dan neraka….boleh milih gak???????? YA KAGAK LHA …. justru kita milihnya itu pas kita ada di dunia …

SEKARANG waktunya kamu buat memutuskan mau pilih syurga apa neraka??? kalo kamu nyerah dengan masalah, yang ada kamu lagi membuka pintu neraka, karena dengan kata ‘MENYERAH’ itulah Kaab bin Malik akhirnya gak ikut perang kan??? akhirnya dikucilkan kan??? karena Kaab bin Malik menyerah dengan keyakinannya, lebih memilih dorongan hawa nafsunya untuk gak ikut berperang ….. Kaab bin Malik, sudah memberikan contoh yang kurang baik, tapi beliau akhirnya taubat kan…????????? kalo kita???? manusia biasanya malah cenderung menikmati kefuturannya….makin futur dengan futurnya, berarti mengukir besi panas untuk tempat tidur berapi-api di neraka..Naudzubillah … semoga tidak dengan kita yang sampe saat ini masih yakin dengan ISLAM ADALAH AQIDAH YANG BENAR ….

Semoga tak menjadikan kita orang-orang yang fanatik terhadap kebenaran, karena kita manusia yang sempurna yang diciptakan ALLAH tapi tak sempurna dalam hal mensyukurinya, jadi sering ada dzon-dzon, kesombongan yang tidak seharusnya .. merasa sempurna seutuhnya,, padahal kagak ….

Jika kesedihan adalah hujan dan kesenangan adalah matahari …. maka kita butuh keduanya untuk melihat pelangi yang indah …. warnanya berbeda tapi menyatu … seperti itulah kita seharusnya …

ALLAH SELALU ADA UNTUK KITA …. SELALU dan SELAMANYA (kayak lagu apa gitttuuuu…)….

KALO kau merasa sendiri, yakinlah kalo ALLAH ada di dekat kita, melindungi kita,begitu pula dengan sayap-sayap malaikat-NYA yang diutus untuk mendampingi kita sepanjang detik hidup kita ….

SEMANGADZ ikhwahfillah …. penuhi harimu dengan kata ‘YAKIN dengan KEYAKINAN’ …Keyakinan bahwa jalan ALLAH adalah jalan yang lurus dan benar …

Wallahualambishowab ….

By ZahratulMillah